IoTNews

Peran Teknologi Pada Olahraga

By May 31, 2023 No Comments
Olahraga Sepak Bola

Image by: Vienna Reyes

Perkembangan teknologi yang semakin canggih tanpa disadari telah membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia, teknologi memiliki peran yang sangat penting di hampir semua sektor. Karena teknologi sangat memudahkan manusia untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satu perkembangan teknologi yang bisa  dirasakan ialah pada bidang olahraga. Kemajuan teknologi tersebut tentunya menemukan banyak kombinasi ide baru dalam dunia olahraga. Pemanfaatan teknologi di bidang ini sangat membantu untuk menunjang setiap lini olahraga menjadi jauh lebih sempurna baik untuk efesiensi, efektivitas, bahkan pada penunjangan segi keamanan. Berikut adalah Peran Teknologi Pada Olahraga yang meliputi:

 

  • Olahraga Sepak Bola

VAR atau Video Assistant Referee ini berfungsi untuk membantu wasit dalam menelaah keputusan yang akan dipilih teknologi VAR ini mampu menganalisa rekaman video pertandingan untuk menunjukkan kejadian di lapangan yang lebih jelas secara berulang-ulang, biasayan teknologi ini digunakan saat terjadinya pelanggaran yang cukup krusial. Seperti pelanggaran pada kotak penalti, handball, offside hingga pelanggaran yang berpotensi pada pemberian kartu merah pada pemain, teknologi ini akan membantu wasit untuk memberikan keputusan pada setiap pelanggaran tersebut.

  • Olahraga Bola Basket

Dalam Cabang olahraga ini, teknologi yang dimanfaatkan adalah 94Fifty, cara kerja peranti ini yaitu sensor yang ditanamkan pada bola basket. Bola basket yang dilengkapi sensor ini bisa menghitung lengkungan alur bola saat menuju ke ring, menghitung intensitas dan kecepatan dribble, serta menghitung berapa cepat Anda bisa menembakkan bola ke keranjang. sensor ini lah yang akan merekam segala aktivitas bola yang dimainkan oleh pemain dan menghasilkan data statistik yang cukup detail untuk menjadi bahan evaluasi serta arahan bagi pelatih pada pemainnya. 

 

  • Olahraga Balap Motor (MotoGP)

Inovasi teknologi pada olahraga ini adalah CFD (Computational Fluid Dynamics). Sebelumnya balap motor hanya ditekankan pada 3 kelompok penting yaitu sasis, mesin, dan elektronik. Dengan hadirnya teknologi CFD, tim balap akan mengetahui performa motor maupun atlet berbentuk data stastistik secara rigit, hal ini juga sangat membantu para mekanik untuk menelusuri kondisi motor sebelum, saat, dan sesudah balapan.

 

  • Olahraga Badminton & Tennis

Teknologi yang dipakai pada cabang olahraga ini adalah Hawkeye. Sama seperti namanya, teknologi ini berfungsi untuk membantu wasit dalam pengamatan dan memutuskan bola masuk atau keluar. Sistem hawkeye dalam bulutangkis maupun tennis terdiri dari sejumlah kamera kecepatan tinggi yang terhubung satu sama lain ke sistem komputer terpusat melalui kabel serat optik. Gambar yang ditangkap oleh kamera selanjutnya akan dianalisa oleh sistem komputer untuk mensimulasikan lintasan shuttlecock sehingga penentuan bola masuk atau keluar dapat diketahui dengan akurat.

 

  • Olahraga Balap Mobil (Nascar)

Dalam dunia balap resiko kecelakaan merupakan salah satu hal yang patut jadi sorotan, tak heran perlengkapan yang wajib dipakai pembalap haruslah punya keamanan tinggi. Salah satu yang wajib diketahui adalah fungsi dari perangkat bernama HANS (Head and Neck Support). Perangkat ini berbentuk seperti huruf U dan dipasang di bagian tengkuk dengan ditopang oleh bahu. Jika pembalap tidak memakai HANS, maka ia bisa berpotensi mengalami pergerakan leher atau disebut Basilar Skull Fracture. Dengan kata lain, ia akan mengalami ‘Muskuloskeletal’ yang bisa menyebabkan kematian seketika.

 

  • Olahraga secara umum

Yang terakhir adalah teknologi yang biasa dipakai untuk mengetahui kondisi tubuh sebelum dan sesudah olahraga yaitu Fitness tracker. Teknologi ini adalah perangkat elektronik berbentuk gelang, kalung, atau tali pengikat karet yang melilit di dada yang Anda pakai saat berolahraga. Fitness tracker juga bisa berupa aplikasi digital yang diunduh di ponsel pintar Anda. Fungsi utama dari fitness tracker adalah untuk merekam aktivitas fisik sang Anda bersama dengan data lain yang berkaitan dengan tingkat aktivitasnya — seperti jumlah kalori yang terbakar, denyut jantung, intensitas, kecepatan, durasi, dan jarak yang ditempuh saat berjalan atau berlari, ketinggian saat mendaki, hingga pola tidur malam. Alat ini membantu Anda agar meraih aktivitas fisik yang optimal untuk kebugaran tubuh.

 

Jadi, itulah pembahasan yang bisa kami sampaikan mengenai peran teknologi pada olahraga. Anda bisa mengetahui bagaimana teknologi sangat berpengaruh pada kegiatan olahraga yang ada di sekitar Anda.

 

Apabila Anda sedang membutuhkan layanan IoT untuk kebutuhan keseharian, bisnis dan perusahaan, maka bisa konsultasikan langsung kepada kami, Vesperia dapat membantu mewujudkan tujuan Anda melalui jasa yang kami tawarkan yaitu IT consultation, Web Development, IT Infrastructure, Artificial Intelligence, Big Data Analysis, dan Digital Agency. Percayakan pada Vesperia sebagai solusi pengembangan teknologi dan informasi untuk bisnis Anda.