AIIT TipsSoftware

Manfaat AI Pada Pekerjan

By June 22, 2023 No Comments

Sadar atau tidak penggunaan teknologi yang semakin berkembang, berhasil membuat pekerjaan manusia semakin mudah. Artficial Intellegence atau yang bisa kita sebut dengan AI, akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat karena kehebatannya. Manfaat AI Pada Pekerjan digadang-gadang akan memberi manfaat yang sangat signifikan pada kehidupan manusia.

Pasalnya saat ini, kecerasan buatan atau AI ini sudah diadaptasikan pada beberapa lini keseharian manusia, misalnya mengirim surel otomatis, chat bot untuk melayani pembelian dari pelanggan, sampai asisten virtual yang mengoprasikan seluruh isi rumah Anda. Namun apa sih Artficial Intellegence ini dan apa manfaatnya dalam pekerjaan manusia?

 

Untuk Mengetahui Manfaat AI Pada Pekerjaan, Mari Kita Ketahui dulu Apa itu Artficial Intellegence (AI)?

AI Merupakan program kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh manusia untuk diterapkan pada suatu sistem. Teknologi ini dirancang sedemikian rupa agar bisa berpikir layaknya seperti manusia, dengan kata lain AI merupakan sistem yang bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang umumnya memerlukan tenaga manusia atau kecerdasan manusia untuk menyelesaikan pekerjaan atau permasalahan tersebut. Ai tidak begitu saja mampu memahami permasalahan yang ada, AI memerlukan data untuk  pengetahuan, sama seperti manusia. AI membutuhkan pengalaman dan data supaya kecerdasannya bisa lebih baik lagi. Poin penting dalam proses AI adalah learning, reasoning dan self correction. AI perlu belajar untuk memperluas pengetahuannya. Proses belajar AI pun tidak selalu diprogram oleh manusia, melainkan AI akan belajar dengan sendirinya berdasarkan pengalaman AI saat digunakan oleh manusia.

 

Contoh-Contoh AI 

 

1. ChatGPT

Kecerdasan buatan yang marak sedang diperbincangkan ini mampu melakukan percakapan dan memberikan jawaban terhadap kebutuhan serta pertanyaan Anda. Interaksi percakapan yang terjadi pun dapat terlihat sangat natural layaknya seperti berbicara dengan manusia. Contohnya, pengguna dapat mengirimkan perintah untuk membuat teks copywriting. Lalu, AI akan mengelola pertanyaan dan memberikan jawaban berbentuk teks copywriting dengan gaya bahasa yang diinginkan Anda. Bahkan, platform ini dapat memberikan struktur bahasa dan teks yang benar sesuai dengan aturan yang ada. Tidak hanya itu, Chat GPT dapat menjawab pertanyaan bahasa pemrograman yang sangat rumit dengan sekejap.

2. Stable Diffusion

Tidak hanya pada ranah keilmuan, AI juga berperan pada bidang kesenian. Kita bisa menghasilkan gambar ilustrasi unik dengan menggunakan teknologi AI Text to Image.

Teknologi ini bisa menghasilkan gambar ilustrasi unik berdasarkan kata kunci yang Anda input. Nantinya sistem akan mencari gambar yang relevan dengan keyword yang diambil dari berbagai sumber website di internet, lalu menggabungkannya menjadi satu hingga menghasilkan gambar yang terlihat unik. Jadi Anda bisa menggambar apapun dengan memerintahkan AI ini melalui teks saja.

3.  Asisten Virtual

Ada banyak penyedia asisten virtual seperti Google Assistant, Siri, dan Alexa. Anda juga dapat berinteraksi dengan asisten virtual ini. Selain itu, asisten virtual Anda dapat mencatat saat Anda memiliki janji temu atau acara dengan memberikan informasi saat waktu acara tiba. Anda juga dapat memberi tahu asisten virtual ini untuk mengirim pesan, memutar musik, meluncurkan aplikasi, dan lainnya. Asisten virtual ini  terus belajar saat Anda menggunakannya, sehingga mengenali preferensi dan perilaku normal Anda.

 

Manfaat AI Dalam Pekerjaan

Image By: Simon Abrams

Setelah Anda tau apa itu AI dan contoh yang mengadaptasi AI sebagai sistemnya, Anda tahu bahwa AI sangatlah bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dan pekerjaan kita diantaranya:

 

1. Dapat Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Cepat

Dalam proses AI ada istilah learning, reasoning dan self correction. Ketiga poin tersebut akan menjadikan artificial intelligence memiliki pengetahuan sangat luas. Dan basis inilah yang membuat AI dapat menyelesaikan pekerjaan dengan rentang waktu lebih cepat.

2. Meniningkatkan Produktivitas

Saat AI sedang bekerja dalam mengekstrak data yang perlu dianalisis, kita bisa menyelesaikan tugas lain yang harus selesai pada waktu yang bersamaan. Hasilnya, tugas yang diselesaikan akan lebih banyak dengan bantuan dari AI daripada hanya dilakukan oleh manusia.

3. Meminimalisasi Kesalahan Manusia

Teknologi AI dapat membantu kita dalam memeriksa kesalahan yang tidak terlihat. Ini bisa kita lihat dari fitur Spelling dan Grammar Check yang berada pada aplikasi pengolah kata. Jika ada kesalahan dalam penulisan kata atau arti, sistem AI akan langsung memberikan garis pada kata yang salah. Hal ini sangat berperan penting pada Anda yang memiliki pekerjaan dibidang kepenulisan.

4. Menghemat Tenaga Manusia

Dengan adanya AI pada setiap lini pekerjaan, tidak dapat dipungkiri jika pekerjaan yang memerlukan tenaga manusia secara langsung, bisa dapat digantikan dan dipantau langsung oleh AI, misalnya seperti otomatisasi mesin pada industri yang bisa di lakukan langsung oleh sebuah program kecerdasan buatan ini. Sehingga manusia tidak perlu turun langsung untuk mengoprasikan mesin dan sekaligus dapat mengurangi tenaga yang dibutuhkan.

 

Jadi Anda sudah tahu apa itu artificial intelligence dan manfaatnya dalam keseharian juga pada pekerjaan dengan ini Anda diharpakan untuk mengembangkan kehidupan sehari-hari dan juga bisnis dengan lebih baik melalui pemanfaatan teknologi AI ini dan memiliki strategi bekerja Produktif dan efektif.

Ingin mengembangkan infrastruktur IT untuk keperluan bisnis maupun proyek Anda? Vesperia dapat membantu mewujudkan tujuan Anda melalui jasa yang kami tawarkan yaitu IT consultation, Web Development, IT Infrastructure, Artificial Intelligence, Big Data Analysis, dan Digital Agency. Percayakan pada Vesperia sebagai solusi pengembangan teknologi dan informasi untuk bisnis Anda.