IT DevelopmentIT TipsSoftware

Ini Yang Perlu Kamu Ketahui Jika Ingin Merilis Aplikasi di App Store

By March 27, 2023 No Comments

Halo Vesperian, kali ini kita mau sharing nih mengenai gimana sih caranya kita bisa rilis aplikasi di App Store? untuk langkah-langkahnya yuk kita simak bersama artikel di bawah ini:

Langkah awal untuk merilis aplikasi iOS:

  • Daftarkan diri Anda pada Apple Developer Program. Anda bisa mendaftarkan diri melalui apps atau aplikasi.
  • Masuk dengan Apple ID Anda.
  • Anda bisa memilih jenis akun developer Anda, individu atau milik organisasi atau perusahaan

Keuntungan menggunakan akun developer organisasi/ enterprise:

  • Akun organisasi (enterprise) dapat dikelola oleh lebih dari 1 akun.
  • Dapat menggunakan nama brand atau nama perusahaan/organisasi, bukan atas nama individu.
  • Dengan menggunakan akun enterprise, dapat meluncurkan aplikasi yang hanya dapat digunakan untuk internal organisasiMisalnyaterdapat aplikasi khusus yang harus digunakan oleh staff perusahaan untuk kelangsungan bisnismaka akun enterprise dapat mengatur agar hanya dapat diunduh orang-orang tertentu dengan menggunakan konfirmasi alamat email.

Langkah akhir:

  1. Isi data diri atau data organisasi
  2. Pada akun pribadi, PIC diharuskan untuk menuliskan nama legal PIC untuk ditampilkan kepada pelanggan di Apple Store dan data lainnya seperti kartu debit/kredit dan juga kartu identitas (KTP/SIM/Paspor). 
  3. Pada akun organisasilakukan pengisian nama legal dan nomor D-U-N-S    sebagai bagian dari proses verifikasi. Anda bisa mengajukan permohonan untuk mendapat nomor D-U-N-S di situs https://www.dnb.co.id/Pengajuan nomor ini bisa berlangsung sekitar dua sampai tiga minggu, dan terdapat beberapa kasus di mana Anda diharuskan untuk membayar.
  4. Khusus bagi lembaga pemerintah atau lembaga edukasinomor D-U-N-S tidak diperlukan.
  5. Setelah menjadi member Apple Developer Program, PIC dapat menambah member dalam tim.
  6. Setelah mengisi data lengkap, PIC harus menunggu sampai pihak Apple memverifikasi. Proses verifikasi ini bisa berlangsung sekitar satu sampai dua minggu, dan ada kemungkinan pihak Apple akan menghubungi jika ada dokumen tambahan yang harus dilengkapi.
  7. Setelah disetujui dapat langsung membayar membership Apple Developer Program. Biaya membership untuk Apple Developer Program adalah sebesar 99 USD per tahun untuk personal dan 299 USD per tahun untuk enterprise (akun organisasi).
  8. Setelah membeli membership pada Apple Developer Program, dilanjutkan proses berikutnya untuk merilis aplikasi pada App Store.