IoT

Cara Kerja & Penggunaan IoT Di Perusahaan

By June 6, 2021 No Comments

Pada zaman industri 4.0, teknologi merupakan salah satu solusi dan inovasi baru yang berhasil diciptakan oleh manusia. Kehadiran teknologi memberikan dampak positif sejak kehadirannya pertama kali. perubahan tersebut tercermin dari bagaimana cara, penggunaan, hingga inovasi sebuah produk sekarang ini. Internet of Things (IoT)  menjadi salah satu penemuan terbaru yang sedang dikembangkan saat ini. Sebagian besar masyarakat tidak terlalu memahami bagaimana penggunaannya. Artikel ini akan membahas lebih dalam bagaimana Cara Kerja & Penggunaan IoT digunakan sehari-hari hingga penggunaannya di berbagai industri saat ini.

 

Penjelasan Internet of Things (IoT)

Internet of Things (IoT) adalah sebuah konsep atau program di mana sebuah objek memiliki kemampuan untuk bisa mentransmisikan atau mengirimkan sebuah data melalui sebuah jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer dan manusia. Anda dapat menjumpai perkembangannya dalam kehidupan sehari-hari mulai dari tingkat konvergensi teknologi nirkabel, internet, dan termasuk inovasi terbaru yang kerap kali Anda jumpai seperti QR Code.

 

Cara Kerja & Pengunaan Internet of Things (IoT)

IoT bekerja dengan memanfaatkan argumentasi dari algoritma bahasa pemrograman yang telah berhasil disusun sehingga setiap argumen yang terbentuk akan menghasilkan sebuah interaksi yang bisa membantu sebuah perangkat keras atau mesin untuk melakukan sebuah fungsi, sehingga mesin tersebut tidak lagi memerlukan bantuan dari manusia dan bisa dikendalikan secara otomatis. Yang menjadi perhatian adalah bagaimana program tersebut terletak pada jaringan internet yang menjadi penghubung antar sistem dan perangkat keras, sehingga tugas utama dari manusia adalah menjadi seorang pengawas yang bertugas untuk monitoring setiap tindakan dari fungsi mesin ini saat sedang bekerja.

Berikut adalah contoh Cara Kerja & Penggunaan IoT di berbagai industri dunia,yaitu:

 

Penggunaan IoT di industri kesehatan

Salah satu bentuk penggunaan IoT di bidang kesehatan. Dengan membuat sebuah terobosan baru dalam pengembangan mesin dan alat medis untuk bisa mendukung pekerjaan tenaga medis sehingga bisa bekerja dengan jauh lebih efektif,tepat, dan mengurangi resiko.

Contoh keberadaan IoT di dunia kesehatan adalah seperti membantu proses pendataan detak jantung, mengukur kadar gula di tubuh, melakukan pengecekan suhu tubuh, dan lain sebagainya. Seluruh data yang diperoleh akan disimpan dalam penyimpanan data berskala besar. Sehingga, keberadaan IoT yang terintegrasi bisa membantu industri kesehatan dengan lebih baik agar jauh lebih berkembang.

 

Penggunaan IoT di industri transportasi

Penggunaan IoT di bidang transportasi contohnya ketika Anda berkendara dengan mobil sendiri secara manual, seluruh keputusan dan aturan menyetir terletak pada Anda. Namun, saat ini para ahli menciptakan mobil yang bisa berjalan sendiri sesuai dengan prosedur dan program yang baik. Selain kendaraan, sistem lalu lintas juga menggunakan cakupan IoT, keberadaan IoT mampu mengontrol berbagai sistem lalu lintas saat kondisi sedang ramai atau sedang sepi sehingga mampu mengurangi resiko angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang terjadi.

 

Penggunaan IoT di industri pertanian

Penggunaan IoT di bidang pertanian contohnya saat zaman dahulu aktivitas di bidang pertanian fokus pekerjaan di lapangan dan harus dilakukan secara manual, maka keberadaan IoT mengubah sudut pandang tersebut. Penerapannya bisa dimanfaatkan untuk membantu kegiatan menanam, memantau keadaan cuaca, atau penggunaan traktor yang bisa dikelola hanya menggunakan smartphone.

 

Penggunaan IoT di bidang energi

Penggunaan IoT di bidang energi adalah mengintegrasikan sejumlah besar perangkat yang menggunakan energi seperti listrik,lampu, televisi dengan konektivitas internet. Keberadaannya memungkinkan jaringan atau mesin bisa jauh lebih hemat dan efektif. Perangkat ini juga bisa memungkinkan akses remote control dari pengguna atau bisa mengaktifkan fungsi seperti penjadwalan (misal; menyalakan/mematikan mesin, mengubah kondisi pencahayaan menjadi lebih terang/redup, hingga mengendalikan pemanas). Dengan penggunaan IoT di bidang ini, sistem bisa bertindak berdasarkan informasi yang terkait dengan energi dan daya untuk meningkatkan efisiensi.

Anda bisa cari informasi lebih lanjut mengenai Internet of Things dan kebutuhan IT lainnya dengan mengunjungi halaman ini ya. (CTA)