News

Penerapan IT Untuk Pencegahan Covid-19 Di Kantor

By June 6, 2021 No Comments

Aset sebuah perusahaan tidak hanya dari bangunan dan produk yang diciptakan, tetapi juga karyawan. Karyawan merupakan aset utama bagi sebuah perusahaan jika perusahaan tersebut ingin terus berkembang dan berinovasi seiring dengan perkembangan zaman. Namun, di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, kesehatan dan keselamatan karyawan menjadi prioritas utama bagi perusahaan. Dengan kondisi pandemi yang tidak bisa diperkirakan, penting bagi sebuah perusahaan untuk bisa mengoptimalkan pencegahan internal yang bisa mempermudah para karyawannya. Perusahaan harus terus memperhatikan dan mengikuti perkembangan wabah Covid-19 sembari mempersiapkan penerapan it untuk pencegahan covid-19 dalam rangka memantau kegiatan para karyawan.

 

Pengendalian internal perusahaan digunakan untuk melihat sejauh mana efektivitas dan pengawasan terhadap ketidaksesuaian dalam mencari peluang perbaikan perusahaan. Tidak hanya mengenai keuangan perusahaan saja, namun bisa diaplikasikan pada pengawasan perusahaan. Sistem pengendalian internal perusahaan yang efektif merupakan sebuah unsur penting dalam pengelolaan sebuah perusahaan. Dimana diharapkan sistem tersebut mampu membantu manajemen perusahaan untuk bisa meningkatkan prioritas perusahaan terkait peraturan yang berlaku serta efektifitas dari kegiatan karyawan di perusahaan tersebut.

 

Pentingnya pencegahan internal perusahaan seperti ini khususnya di masa pandemi tidak boleh diabaikan. Di Indonesia sendiri, salah satu contoh sistem pencegahan internal yang dibuat oleh perusahaan IT adalah sistem manajemen sumber daya manusia atau HR Software Indonesia (HRIS). Meskipun masih belum terlalu banyak yang menyadari peran dan manfaat dari software yang satu ini, namun HRIS memiliki banyak keuntungan yang bisa digunakan khususnya di masa pandemi seperti saat ini.

 

Software ini cukup memiliki berbagai manfaat yang bisa Anda dan perusahaan Anda gunakan,seperti:

 

Produktivitas kinerja meningkat

Software ini bisa meningkatkan produktivitas kinerja HR di perusahaan Anda secara menyeluruh. Dimulai dari segi administrasi hingga pekerjaan HR lain-lainnya bisa teratasi dengan cepat dan efisien. Dengan menggunakan software ini, perusahaan Anda bisa bekerja lebih efisien dan tidak mengeluarkan biaya yang berlebih.

 

Menganalisa performa

Software ini mampu melakukan analisa performa perusahaan dengan dilengkapi berbagai macam metrik yang bisa berhubungan dengan banyak aspek pendukung untuk bisa membuat sebuah keputusan.

 

Mengurangi human error

Manfaat terakhir software ini bagi perusahaan adalah mengurangi human error. Dengan adanya bantuan dari aplikasi yang terintegrasi dengan sistem yang baik, maka perusahaan Anda bisa berjalan dengan sistematis dan peluang kesalahan human error yang terjadi sangat kecil.

 

Dengan HRIS, tim dari Human Resource (HR) di perusahaan Anda bisa mengelola dan mengakses berbagai macam informasi mengenai SDM dengan cepat dan baik. HRIS bisa membantu perusahaan untuk mengatur apa saja yang menjadi kebutuhan SDM mulai dari data pegawai, kinerja pegawai, hingga kebijakan dan prosedur perusahaan. Perusahaan Anda juga bisa memaksimalkan teknologi HRIS dalam penerapan IT untuk pencegahan covid-19 dengan cara sebagai berikut:

 

Memberikan informasi yang terkoordinasi dan cepat

Cara pencegahan internal di perusahaan yang pertama adalah penting untuk bisa memberikan informasi yang cepat dan terkoordinasi. Contohnya adalah dengan melakukan broadcast message menggunakan HRIS untuk menyampaikan berbagai informasi pencegahan dan penanggulangan Covid-19 sehingga para karyawan bisa mendapatkan berbagai informasi secara valid dari perusahaan.

 

Optimalkan absensi online

Cara pencegahan internal di perusahaan yang selanjutnya adalah dengan membatasi aktivitas penggunaan mesin finger print. Anda bisa mengganti cara mencatat daftar kehadiran dengan menggunakan teknologi absensi online sehingga karyawan Anda tidak melakukan kontak fisik secara langsung, contoh penggunaannya seperti absensi menggunakan barcode hingga absensi online menggunakan sistem Cloud yang bisa dipantau ditempat.

Permudah akses kesehatan karyawan

Cara pencegahan internal di perusahaan yang selanjutnya adalah dengan mempermudah akses kesehatan karyawan. Yang di mana perusahaan Anda bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan platform online dengan baik untuk mendapatkan gambaran dan aktivitas yang karyawan yang lakukan. Misalnya saja jika karyawan Anda memiliki gejala-gejala seperti Covid-19, Anda bisa menyediakan sebuah platform agar karyawan Anda bisa memberitahu informasi tersebut, sehingga ada pencegahan dini yang dilakukan misalnya dengan mengisi data diri melalui google form

 

Anda bisa cari informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan IT lainnya dengan mengunjungi halaman ini ya. Atau klik link ini untuk mengetahui informasi resmi covid di Indonesia.(CTA)