IT DevelopmentSoftware

Keunggulan Figma dalam Perusahaan

By June 14, 2021 No Comments

Pada era sekarang, para perusahaan sedang beramai-ramai mencari orang-orang yang bekerja di bidang UI/UX untuk memperbaiki situs website atau aplikasi demi kenyamanan para pengguna atau user. Semakin bertumbuhnya prospek kerja UI/UX designer, maka semakin banyak alat atau tools yang bisa digunakan oleh para UI/UX designer untuk membantu perusahaannya. Jika Anda sedang mencari sebuah aplikasi yang bisa membantu perusahaan Anda untuk bekerja dan mendesain bersama, mungkin ini saatnya Anda mencoba Figma di perusahaan Anda. Artikel ini akan membahas secara rinci mengenai keunggulan figma dalam perusahaan.

 

Mengenal Penjelasan Figma

Figma adalah sebuah aplikasi desain yang berbasis cloud dan alat prototyping untuk sebuah proyek digital. Figma dibuat untuk dapat membantu para penggunanya untuk bisa berkolaborasi di dalam sebuah proyek dan bekerja di mana saja.  Lalu, apa perbedaan Figma dengan opsi prototyping lainnya seperti sketch atau Adobe XD? Tentunya yang menjadi keunggulan dari Figma adalah kemampuan alat ini untuk bisa bekerja dalam bentuk tim.

 

Fungsi dari Figma adalah alat atau tools yang bisa dicoba kepada siapa saja dan termasuk dalam kemampuannya untuk membantu para desainer dan penggunanya dalam memberikan kemudahan pemasaran produk atau desain mereka kepada para klien. Khususnya jika Anda bekerja di perusahaan IT atau startup dengan fase kerja yang butuh cepat dan efektif, maka Figma ini cocok untuk digunakan karena terbukti mampu menghemat waktu desainer dan membuat proyek dalam bentuk tim agar bisa berjalan dengan lebih lancar.

 

Penerapan Figma juga bisa Anda dan tim Anda gunakan untuk membantu tim dalam membuat, menguji, dan mengirimkan desain yang lebih baik dari awal hingga akhir proyek. Dengan memiliki fitur-fitur desain dan aplikasi UI/UX berbasis browser, Figma memiliki berbagai inovasi unik yang bisa membantu Anda menyajikan desain dan ide dengan fitur-fitur canggih.

 

Keunggulan Figma dalam Perusahaan

Seperti yang sudah dibicarakan di atas, Figma menawarkan berbagai aplikasi berbasis website sehingga semua jenis platform baik Windows, Mac, ataupun Linux dapat menggunakan Figma. Selain hal tersebut, ada beberapa keunggulan Figma yang wajib Anda ketahui seperti Figma merupakan salah satu pelopor kolaborasi desain yang secara langsung atau real time, sehingga terbukti perusahaan-perusahaan besar seperti Dropbox, Twitter, dan Microsoft menjadikan Figma sebagai program desain pilihan mereka karena perusahaan mereka bergerak di produk digital. Keunggulan Figma lainnya bergerak di bidang mengelola desain sistem dan prototipe, di mana semua hal yang dibutuhkan sudah tersedia di Figma, jadi Anda hanya perlu mencari yang cocok dengan kebutuhan Anda.

 

Tips Dan Trik Menggunakan Figma

Mengingat ada beberapa kelebihan Figma untuk kerja sama tim di sebuah perusahaan, beberapa tips dan trik ini dapat Anda terapkan, seperti:

  1. Dalam aplikasi Figma, ada sebuah simpul pada vektor yang dapat memiliki banyak segmen yang melekat. Bentuk yang lebih kompleks yang bisa Anda buat disebut dengan sebuah jaringan vektor.
  2. Figma juga memungkinkan pengguna untuk mengambil banyak gambar dan referensi secara cepat dan mengaplikasikannya tepat di tempat yang Anda inginkan.
  3. Jika Anda memindahkan sebuah objek di sekitar kanvas di Figma, Anda akan melihat tinggi dan lebar bisa terlihat di penggaris. Sehingga Anda bisa dengan mudah mengukur sebuah gambar atau desain yang ingin Anda gunakan.
  4. Anda bisa menyalin kode SVG langsung dari objek dalam Figma dan sebaliknya. Anda juga dapat menyalin kode SVG dari editor kode dan bisa menempatkannya sebagai grafik ke kanvas Figma.
  5. Perusahaan juga dapat menggunakan plugin untuk kebutuhan situs. Plugin adalah sebuah program komputer yang menambah fungsionalitas sebuah program utama. Program utama memberikan interface agar plugin dapat berinteraksi. Sebagai contoh, plugin dapat digunakan pada web browser untuk memutar video, memindai virus, dan menampilkan jenis file yang baru. Plugin merupakan sebuah alat atau tool yang dapat mengubah serta mentransformasi website sederhana menjadi website yang fungsional dan mempunyai banyak fitur.

 

 

Harga Aplikasi Figma

Jika ingin menerapkan penggunaan aplikasi Figma untuk perusahaan Anda, maka Anda perlu mengetahui lebih dalam mengenai harga Figma. Figma memiliki berbagai paket gratis dan berbayar tergantung dari sisi seberapa banyak pekerjaan yang Anda dan perusahaan Anda ingin lakukan. Berikut rincian biaya Figma:

Pemula (gratis)

Para pengguna Figma yang memilih paket ini akan mendapatkan dua editor dan tiga proyek dengan riwayat versi 30 hari serta mendapatkan penyimpanan cloud tanpa batas.

Professional ($15 per editor/bulan)

Para pengguna Figma yang memilih paket ini akan mendapatkan berbagai keuntungan mulai dari proyek digital yang tidak terbatas, versi pembaruan yang tidak terbatas, file kustom, izin pengguna, proyek pribadi pun bisa Anda gunakan. Jadi, paket ini cocok digunakan jika perusahaan Anda fokus menerima berbagai proyek namun belum terlalu besar.

Organisasi ($45 per editor/bulan)

Para pengguna di paket ini bisa mendapatkan banyak kemudahan termasuk dalam sistem desain profesional dan organisasi. Anda bisa mendapatkan plugin pribadi, sistem masuk tunggal, bahkan keuntungan untuk mendapatkan keamanan tingkat lanjut.

 

Anda bisa cari informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan IT lainnya dengan mengunjungi halaman ini ya. (CTA)