News

Perbandingan KTP Digital & Konvensional

By July 26, 2023 No Comments
Ini adalah Foto bagian belakang pada KTP, Perbandingan KTP Digital & Konvensional

Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai Perbandingan KTP Digital & Konvensional namun sebelumnya kita akan membahas dulu apa itu KTP adalah kartu tanda pengenal resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia untuk Warga Negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas. KTP berfungsi sebagai bukti identitas dan memiliki berbagai informasi penting seperti Nama lengkap, Tempat dan Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Alamat, Agama, Pekerjaan, Serta Nomor identitas unik yang disebut Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Sebagai warga negara yang baik, Anda haruslah memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk). Kegunaan kartu ini untuk memudahkan kamu dalam proses administrasi, selain itu kartu ini berfungsi untuk memuat informasi prihal identitas anda. Namun, tahukah kamu kalau KTP ini memiliki dua jenis yaitu KTP Digital dan KTP Elektronik?

Perbandingan KTP Digital & Konvensional

KTP Digital adalah bentuk digital dari Kartu Tanda Penduduk. Jika E-KTP menggunakan teknologi chip dan data elektronik untuk menyimpan informasi identitas pemiliknya di dalam kartu, maka KTP Digital ini dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia sebagai alternatif atau tambahan dari KTP fisik dalam bentuk Digital. KTP Digital memiliki beberapa Keuntungan, di antaranya adalah sebagai berikut:

Keuntungan KTP Digital:

  • Pemakaian Kartu ini hanya memerlukan smartphone atau device yang terkoneksi dengan Internet.
  • Tidak perlu dicetak karena bersifat digital (fotocopy, dsb).
  • Tidak ada lagi masalah KTP hilang.

Kekurangan KTP Digital:

  • Akses Internet yang belum merata
  • Security Data Penduduk yang masih kurang optimal
  • Keterbatasan Teknologi karena belum meratanya pengadaan pada pemerintahan

Sekian sedikit pembahasan mengenai Perbandingan KTP Digital & Konvensional. Semoga pada artikel pembahasan kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua Terima Kasih.

Jika ingin mengembangkan web maupun aplikasi untuk keperluan bisnis maupun proyek Anda, Vesperia dapat membantu mewujudkan tujuan Anda melalui jasa yang kami tawarkan yaitu IT consultation, Web Development, IT Infrastructure, Artificial Intelligence, Big Data Analysis, dan Digital Agency. Percayakan pada Vesperia sebagai solusi pengembangan teknologi dan informasi untuk bisnis Anda.