NewsSoftware

Ini Dia Manfaat Clear Cache di Android, Patut Dilakukan!

By February 22, 2022 No Comments

Jika Anda merupakan salah satu pengguna ponsel berbasis Android, apakah Anda sudah tahu mengenai cache dan pengaruhnya terhadap performa gadget Anda? Simak penjelasan lengkap tentang mengapa cache perlu dihapus sesekali waktu, dan manfaat serta bagaimana caranya melakukan clear cache di Android, khususnya pada mobile apps melalui artikel ini.

 

Apa Itu Cache?

Cache merupakan data sementara yang tersimpan dari aplikasi yang sedang beroperasi di ponsel. Disebut sebagai data sementara karena data ini tersimpan secara temporer atau tidak permanen dalam memori ponsel dan dapat dihapus sewaktu-waktu. Cache memiliki kegunaan untuk membuat aplikasi berjalan lebih cepat dan efisien karena data telah tersimpan secara lokal tanpa harus mengandalkan koneksi internet. Tanpa cache, ponsel Anda harus selalu memuat ulang foto, video, maupun teks setiap kali Anda mengakses suatu aplikasi.

 

Sebagai contoh, aplikasi Gmail yang biasa Anda gunakan untuk mengakses email adalah salah satu aplikasi yang menggunakan cache. Di sini proses caching bekerja saat email terbaru yang masuk ke akun Anda diunduh dan tersimpan secara otomatis dalam aplikasi. Jadi, Anda dapat langsung melihat dan membaca email yang sudah pernah diterima sebelumnya setiap membuka aplikasi tersebut tanpa harus bergantung dari seberapa cepat koneksi internet yang ada di saat itu. 

 

Manfaat Clear Cache

Meskipun dapat membantu pengguna, perlu diketahui bahwa cache yang semakin menumpuk bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan ponsel Android menjadi lebih lambat bekerja. Hal ini karena data cache memakan memori internal sehingga akan berpengaruh pada proses loading pada aplikasi. Maka dari itu, Anda disarankan untuk melakukan clear cache di Android atau penghapusan cache secara berkala. 

 

Anda harus selalu ingat bahwa ponsel Anda memiliki penyimpanan yang terbatas. Dengan melakukan cache, Anda dapat memperluas memori internal di ponsel Anda. Biasanya aplikasi yang lambat atau sering mengalami eror dapat berfungsi dengan normal lagi setelah clear cache dilakukan. Perlu diingat bahwa proses clear cache tidak akan menghapus data penting pada aplikasi, jadi Anda tidak perlu khawatir. 

 

Seberapa sering Anda harus melakukan clear cache? Jawabannya tergantung pada penggunaan ponsel dan aplikasi yang Anda operasikan. Anda disarankan untuk melakukan clear cache setiap 3 minggu atau sebulan sekali untuk menjaga performa ponsel Android. 

 

Cara Clear Cache pada Mobile Apps Android

Setelah mengetahui pentingnya melakukan clear cache di Android, sekarang saatnya untuk mempraktikkannya. Ada cara yang dapat dilakukan langsung dari pengaturan di ponsel Anda. Sistem operasi versi Android 12 digunakan sebagai referensi instruksi ini. Dalam versi-versi terbaru Android, Anda hanya bisa menghapus cache pada masing-masing aplikasi. Jika Anda mau menghapus cache dalam aplikasi tertentu, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Settings dan pilih Storage.
  2. Pilih opsi Apps. Setelah memilih opsi ini, akan terlihat aplikasi yang terdapat di dalam ponsel Android Anda.
  3. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya. 
  4. Pada tampilan informasi aplikasi, ketuk pada pilihan Clear Cache. 

 

Setelah berhasil melakukan clear cache, maka aplikasi akan berjalan seperti biasa. Perlu diingat, karena Anda telah menghapus cache yang selama ini digunakan untuk membuat aplikasi beroperasi secara optimal, maka beberapa elemen seperti foto, video, atau teks akan dimuat ulang kembali. Hal ini akan membuat aplikasi Anda akan berjalan sedikit lebih lambat daripada biasanya beberapa saat setelah Anda melakukan clear cache. Namun tidak perlu khawatir karena hal ini bersifat normal dan setelah cache kembali tersimpan, aplikasi Anda dapat berjalan dengan optimal kembali seperti semula. 

Itulah manfaat dan kegunaan clear cache di Android untuk optimalisasi aplikasi yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Ingin mengembangkan aplikasi Android untuk keperluan bisnis maupun proyek Anda? Vesperia dapat membantu mewujudkan tujuan Anda melalui jasa Mobile Apps Development untuk sistem operasi Android, iOS, Windows Phone, Blackberry, dan Symbian OS. Selain Mobile Apps Development, Vesperia juga menawarkan jasa lainnya seperti IT consultation, Web Development, IT Infrastructure, Artificial Intelligence, Big Data Analysis, dan Digital Agency. Percayakan pada Vesperia sebagai solusi pengembangan teknologi dan informasi untuk bisnis Anda.